5 Manfaat Gula Merah Untuk Ayam Aduan Bangkok

5 Manfaat Gula Merah Untuk Ayam Aduan Bangkok – 5 Manfaat Gula Merah Untuk Ayam Aduan Bangkok, Sahabat setia filabet.net, pada pertemuan kali ini admin ayam Bangkok akan membagikan tentang manfaat gula merah untuk ayam aduan bangkok. Sebelum kita kepokok pembahasan saya akan sedikit mengulas tentang gula merah atau yang sering kita kenal dengan sebutan gula jawa. Gula jawa adalah gula yang dibuat dari pohon palma. Gula jawa berwarna kekuningan atau kecokelatan dengan rasa manis nira kelapa. Disebut gula jawa karena banyak dibuat oleh para pengrajin yang kebanyakan dari pulau Jawa, dan dibentuk menjadi setengah lingkaran, batok, atau tabung, seperti yang sudah biasa Anda lihat.

Laga Ayam – Gula jawa adalah gula yang dibuat dari pohon palma. Gula jawa berwarna kekuningan atau kecokelatan dengan rasa manis nira kelapa. Disebut gula jawa karena banyak dibuat oleh para pengrajin yang kebanyakan dari pulau Jawa, dan dibentuk menjadi setengah lingkaran, batok, atau tabung, seperti yang sudah biasa Anda lihat. untuk laga ayam / ayam aduan Bangkok gula merah ini sangat lah beguna bagi kesehata dan juga pertumbuhan ayam aduan bangkok, mungkin bagi para pecinta laga ayam sudah kerap memberikan Ayam Aduan Bangkoknya dengan nutrisi yang di campur dengan gula merah ini.

Sabung Ayam Taji – Gula jawa merupakan salah satu jenis dari gula merah. Gula ini terbuat dari jenis pohon kelapa palma (dalam bahasa Inggris disebut palm sugar) yang disadap getahnya dari kuncup bunga pohon kelapa tersebut. Setelah getah didapat, cairan tersebut dimasak hingga mengental lalu dicetak ke dalam batok kelapa atau cetakan kecil bentuk bulat. Gula jawa dikenal sebagai gula alami karena pengolahannya yang masih dibuat secara tradisional (khususnya di Indonesia) tanpa campuran bahan kimia di dalamnya. para pertenak sabung ayam taji / ayam Bangkok banyak yang memberikan gula merah ini dengan alasan tertentu, kenapa harus gula merah? mari kita simak apa saja kandungan yang terdapat pada gula merah / gula jawa, apakah cocok untuk di berikan pada ayam bangkok.

Kandungan gizi gula merah “per 100 g”
Energi : 386 kkal
Protein : 3,0 g
Karbohidrat : 74,08 g
Lemak : 10 g
Kalsium : 76,06 mg
Fosfor : 37 mg
Zat besi : 37 mg, dan yang lainnya.

Setelah kita mengetahui asal-usul dan nutrisi yang terkandung pada gula merah, sekarang tiba saatnya untuk mengetahui khasiat gula merah. Manfaat gula merah untuk ayam adu bangkok
Bagi anda para peternak ayam yang sudah memberikan larutan gula merah pada ayam ternak dan ayam aduan bangkok lebih bagus lagi jika anda mengetahui manfaatnya seperti berikut.

1. Meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh ayam Aduan Bangkok
Larutan gula merah dipercaya mampu meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh ayam, sehingga sangat cocok diberikan pada ayam remaja dan anak ayam.

2. Sebagai tambahan nutrisi/sumber energy
Larutan gula merah juga dapat dijadikan sebagai tambahan nutrisi atau sumber energy yang tidak terdapat pada makanan, sehingga bisa dikombinasikan dengan ransum melalui air minum.

3. Mampu mengatasi Dehidrasi pada ayam Aduan Bangkok
Larutan gula merah juga bisa dimanfaatkan sebagai pengganti ion untuk mengatasi dehidrasi pada ayam dan anak ayam, terlebih pada kondisi cuaca yang panas, karena berbentuk cairan dan lebih mudah diserap tubuh.

4. Dapat menambah berat badan ayam Aduan Bangkok
Beberapa kandungan gizi yang terdapat pada gula merah juga dianggap mampu menambah berat badan ayam, jadi sangat cocok untuk diaplikasikan pada ternak ayam kampung pedaging.

5. Untuk mencegah angka kematian pada ayam Aduan Bangkok
Larutan gula merah juga mengandung zat anti oksidan yang bisa menetralkan atau mengeluarkan racun dari tubuh ayam, sehingga dapat mencegah atau mengurangi angka kematian pada ayam bangkok.

Itulah beberapa manfaat gula jawa untuk ayam. Lalu bagaimana cara memberikannya?…

Silahkan anda ikuti langkah-langkah dibawah ini:

Cara pemberian gula merah pada ayam
Siapkan gula merah kira-kira 1 sendok makan (bisa berupa serbuk).
Campur dengan segelas air atau sekitar 200ml, kemudian seduh hingga matang.
Boleh anda tambahkan bahan lain seperti lengkuas, kunyit, atau bawang putih, yang tujuannya agar larutan tidak dikerubutin semut.
Jika larutan sudah dingin bisa langsung anda berikan pada ayam.
Larutan bisa anda berikan pada pagi atau sore hari, serta pemberiannya cukup 1x dalam sehari.
Larutan gula merah tidak memiliki efek samping sehingga aman diberikan pada anak ayam (DOC), ayam dewasa, serta ayam yang sehat sekalipun, baik itu jenis ayam kampung, ayam bangkok, ayam petelur, dan ayam pedaging (broiler).

Catatan “Air gula merah bukanlah merupakan sumber energy utama, jadi pemberian larutan gula merah sifatnya hanyalah sebagai nutrisi tambahan, sedangkan untuk sumber energy utama tetaplah menggunakan ransum yang tepat agar mendapatkan hasil yang terbaik”.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat gula jawa untuk ayam yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat dan sukses selalu, TERIMA KASIH.